Mengapa Belajar Biologi di Pantai?
Biologi ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Semua cabang ilmu biologi berkaitan dengan proses kehidupan. Dengan banyaknya ruang yang dikaji, biologi menjadi salah satu ilmu yang memerlukan perhatian khusus untuk ditelaah. Dalam Pembelajaran disekolah, biologi juga menempatkan setidaknya 10-15 bab per tahunnya untuk dikaji. Hal ini pastinya memberikan kesulitan tersendiri bagi siswa untuk mengenal lebih jauh ilmu biologi.
Dalam perkembangannya ilmu biologi sebaiknya dikemas secara menarik dan menyenangkan. Salah satu yang dapat dilakukan dengan mengajak siswa belajar dengan objek nyata, dipantai. Mengadopsi Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dengan belajar diluar kelas dan mengaplikasikan dengan pengetahuan yang disampaikan menjadikan ilmu biologi sesuatu hal baru bagi siswa yang dapat meningkatkan motivasi belajar. Dan tentunya menumbuhkan karakter dalam diri siswa. Dengan mengenal langsung ciptaaNya, yang sebenarnya jarang mereka ketahui dapat menumbuhkan kesadaran betapa pentingnya menjaga lingkungan.
Kegiatan Pembelajaran Biologi di Pantai
Konsep pembelajaran dipantai ini fokus terhadapat indentifikasi, karakteristik dan peran hewan invertebrata pada kelas X. Bertempat dipantai anabara yang masih alami dan banyak dijumpai biota laut menjadikan pantai sebagai sumber belajar yang tidak ada duanya.
- Kegiatan pembelajaran dimulai dengan breifing awal, doa dan penjelasan teknis lapangan yang harus mereka lakukan
- Mereka berkelompok untuk mengumpulkan jenis biota laut yang ditemui, kemudian mengidentifikasi jenisnya, menjelaskan karakteristiknya dan tentunya melihat potensi atau peran hewan yang dijumpainya.
- Setiap kelompok diwajibkan untuk mendokumentasikan hasilnya selama kegiatan berlangsung.
- Di akhir pembelajaran, dilakukan Evaluasi dan konfirmasi, evaluasi dilakukan dengan lisan saat mempresentasikan hasil temuannya dan mengkonfirmasi kebenaran serta memberikan pendidikan karakter tentang pentingnya menjaga lingkungan agar keberadaan hewan yang ditemuinya masih tetap terjaga.
- Diakhiri dengan kembali merelease biota laut yang ditemukan. Semoga tetap lestari.
Dengan belajar di alam terbuka, bersama-sama, membawa bekal sederhana dan seadanya, ada hal yang tidak termasuk dalam perencanaan pembelajaran malah menjadi point utama dalam pembelajaran.
"Kedekatan, kebersamaan dan kekeluargaan"
Belajar akan menjadi lebih nyaman, enak dan efektif bila ketiga hal itu terwujud didalam kelas. Berdinamika dengan siswa dan memberikan pandangan seolah-olah tidak mengurui (menjadi kawan) memberikan pengaruh yang signifikan terhadapat kemajuan siswa. Hal ini benar adanya, kebetulan pengalaman yang mengajarkan bahwa pendidikan tidak semata angka dan nilai, mereka mempunyai sejuta karakter dan potensi yang berbeda sebagai guru hanya tinggal bagaimana memotivasi, meningkatkan passion mereka. Finlandia menjadi negara dengan kualitas pendidikan terbaik dunia, dinegara yang orangnya terkenal malu dan menjaga privasi itu siswanya didorong untuk "Inquiry" menemukan sendiri passionnya, karena setelah mereka lepas dari dunia sekolah kehidupan sebenarnya yang menjadi tolak ukur kemampuan. Tidak ada nilai dan angka untuk mengukur kemampuannya, namun mereka berhasil menciptakan generasi emas. Dan saya yakin Indonesia bisa mewujudkannya...
dan akhirnya,
"Belajar biologi mendorong kami untuk lebih dekat mengagumi ciptaanMu"